Dosen Unpam Ajak Warga Pulau Panggang Selami Pentingnya Memberikan Pelayanan Prima  

PKM Dosen Program Studi (prodi) D3 Sekretaris Fakultas Ekonomi Universitas Pamulang (Unpam) Kota Tangsel di Pulau Panggang, Kepulauan Seribu.

METROTANGSEL.COM, Pamulang – Sejumlah dosen program studi (prodi) D3 Sekretaris Fakultas Ekonomi Universitas Pamulang (Unpam) Kota Tangsel, kembali mengadakan giat Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM).

Kali ini, mereka menyasar masyarakat di Pulau Panggang, Kepulauan Seribu. Giat itu sendiri dilaksanakan selama dua hari, yakni Minggu-Senin (23-24/2/2020). Tema PKM sendiri yakni “Manajemen Pelayanan Prima dalam Meningkatkan Daya Saing Ekonomi Kreatif Masyarakat Pulau Panggang, Kepulauan Seribu”.

Pada kesempatan ini, para dosen yang konsen dengan bidang ekonomi memberikan berbagai macam wawasan kepada masyarakat setempat terutama mereka yang memiliki usaha, dalam hal pelayanan prima seperti melayani konsumen maupun dalam hal menjaga konsumen agar tetap merasa nyaman dan aman.

Tidak hanya menyasar warga biasa, PKM dosen Unpam juga memberikan penyuluhan kepada ASN di kantor Kelurahan Kepulauan Panggang. Bagi ASN, pelanggan mereka adalah masyarakat yang membutuhkan pelayanan administrasi dari pihak kantor kelurahan tentunya.

Menurut Pepen Kuswandi, Lurah Pulau Panggang Kepulauan Seribu, setidaknya ada sekitar 6000 penduduk yang membutuhkan pelayanan di wilayah tersebut, yang harus dilayani dengan baik oleh staf kelurahan.

Sementara salah seorang dosen Unpam, Ratna Suminar sebagai narasumber pada penyuluhan ini menyampaikan, bahwa sebagai orang terdepan di kantor kelurahan, tentunya jika ada masyarakat yang datang harus disambut dengam senyum dan sapa yang lembut dan baik .

“Kita tidak boleh hanya memberikan senyum kepada orang yang sudah kita kenal serta tidak boleh membeda – bedakan dalam memberikan pelayanan,” bebernya.

Sedangkan kepada ibu – ibu penggerak PKK dan Jumantik, dia berpesan agar harus selalu bisa menjadi partner yang baik bagi masyarakat dalam menyampaikan program kelurahan.

Kepada pelaku usaha, Desilia Purnama Dewi sebagai narasumber kedua menyampaikan bahwa Kepulauan Seribu terkenal sebagai daerah tujuan wisata. Bahkan tidak sedikit wisatawan mancanegara yang berkunjung di Kepulauan Seribu.

“Kesadaran masyarakat untuk selalu ramah dalam memberikan palayanan kepada wisatawan adalah kunci keberhasilan dalam meningkatkan usaha rumahan yang dijalankan masyarakat,” jelasnya.

Sedangkan selaku Kaprodi D3 Sekretari Fakultas Ekonomi Universitas Pamulang, Sugiyarto dalam pemaparannya menyampaikan ucapan terimakasih kepada seluruh pihak yang menyambut PKM dosen-dosen Unpam. “Terimakasih kepada pak lurah, staf kelurahan dan masyarakat pulau Panggang yang hadir pada penyuluhan ini,” imbuhnya.

“Kami datang ke sini karena ada tanggungjawab moral sebagai akademisi untuk berbagi ilmu, dengan menjalankan Tri Darma Perguruan Tinggi dan salah satunya, adalah dengan menjalankan pengabdian kepada masyarakat di Kepulauan Panggang ini,” tuturnya singkat.(sam)

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here