Ternyata Menkes Tak Menyarankan Orang Sehat Gunakan Masker, Cukup Lakukan Hal Ini

METROTANGSEL.COM, Jakarta – Indonesia kini patut waspada terhadap penyebaran COVID-19, setelah dua warga Depok, Jawa Barat dinyatakan positif terjangkit virus tersebut. Kendati demikian, warga diimbau tetap tenang dan menjalankan aktivitas seperti biasa. Perlukah selalu memakai masker?

Menurut Menteri Kesehatan dr Terawan Agus Purtanto, kunci untuk mencegah virus corona adalah pola hidup sehat. “Masker itu untuk orang yang sakit supaya tidak menularkan, yang sehat tidak perlu pakai masker, perlindungannya adalah kebersihan, imunitas. Kalau ada yang sakit sementara jangan didekati dulu,” kata dr Terawan.

Karenanya, dr Terawan menekankan bahwa masker bukanlah satu-satunya barier untuk mencegah penularan virus corona. Menkes Terawan mengimbau agar masyarakat menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat. “Meningkatkan kebersihan diri, menjaga imunitas tubuh serta saling bergotong royong untuk menghadapi COVID-19,” bebernya.

Dikatakan dr Terawan, menyusul dengan dilaporkannya kasus terkonfirmasi positif #COVID19, bahwa saat ini kewaspadaan terhadap virus tersebut terus ditingkatkan diantaranya dengan surveilans tracking untuk mengetahui informasi detail termasuk kontak eratnya.

“Tetap nomor satu menjaga imunitas tubuh kita juga. Imbauannya jelas jangan dekati orang yang kena nanti terkena. Close contact paling tidak cuci tangan terus jaga kesehatannya. Nomor satu imunitasnya. Selama kita imunitasnya baik walau kontak langsung tidak akan terkena,” ujarnya.

Dia mengajak masyarakat untuk tidak khawatir berlebihan karena akan berdampak pada turunnya daya tahan tubuh sehingga mudah terserang penyakit atau terinfeksi virus corona.

“Kekhawatiran berlebihan tidak pada tempatnya menimbulkan imunologis tubuh turun, namanya psikoneuroimunologi. Kalau itu turun apa yang terjadi? Kita tanpa sadar membuat ketahanan kesehatan kita sendiri turun,” tuturnya.(sam)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here