Partai Buruh Australia Kepengin Ada Bawaslu Layaknya di Indonesia

Suasana pertemuan perwakilan Partai Buruh (Australian Labor Party) dengan pimpinan Bawaslu di ruang kerja Ketua Bawaslu Abhan, Kamis 12 Maret 2020/Foto: Humas Bawaslu RI

METROTANGSEL.COM, Jakarta – Perwakilan Partai Buruh Australia (Australian Labor Party sowan ke kantor Bawaslu, Kamis (12/3/2020). Kedatangannya dalam menggelar diskusi dengan pimpinan Bawaslu.

Anggota Bawaslu Fritz Edward Siregar mengungkapkan, kunjungan perwakilan dari Australian Labor Party (ALP) tersebut ingin mengetahui tugas, fungsi, dan cara kerja Bawaslu dalam melakukan pencegahan, pengawasan dan penindakan pelanggaran pemilu.

“Mereka (ALP) mengapresiasi kerja Bawaslu dan berharap ada lembaga Bawaslu juga di negaranya (Australia)”, ungkap Fritz setelah acara audiensi tersebut.

Koordinator Divisi Hukum, Humas, dan Datin itu menuturkan, perwakilan ALP bercerita tentang keberatan peserta pemilu atas pesoalan yang terjadi dalam proses pemilihan di Australia tidak serta merta langsung dapat diproses.

Jika ada persolan administrasi dan sebagainya, lanjut Fritz, harus menunggu sampai proses pemilu selesai terlebih dahulu. “Jadi harus menunggu sampai pemilunya selesai baru bisa mengajukan keberatan, ” sebutnya.

Dalam pertemuan yang berlangsung sekitar dua jam di ruang Ketua Bawaslu Abhan, perwakilan ALP menayakan hal apa saja yang telah dilakukan Bawaslu baik dari segi proses pencegahan maupun penindakan pelanggaran pemilu.

Fritz menjelaskan, beberapa starategi Bawaslu di antaranya: Indeks Kerawanan Pemilu (IKP), sosialisasi kepada masyarakat, keberadaan lembaga penyelenggara oemilu (KPU, Bawaslu, dan DKPP), tata cara sengketa proses, Sentra Gakkumdu, pengawasan hingga sanksi bagi ASN, TNI/POLRI yang tidak netral, serta sanksi diskualifikasi bagi peserta.

“Hampir semuanya kami jelaskan dan ALP sangat berharap Bawaslu juga bisa ada di negaranya,” ucapnya.

Fritz dalam hal ini mendampingi Angan dalam kunjungan ALP. Audiensi ditutup dengan pemberian cendera mata berupa plakat dari Ketua Bawaslu Abhan.(sam)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here