Ujian Nasional Dibatalkan, Ini Tiga Opsi Jokowi Saat Ratas  

Presiden saat memberikan arahan kepada para Gubernur melalui konferensi video dari Istana Merdeka, Provinsi DKI Jakarta, Selasa (24/3). (Foto: Humas/Ibrahim).

METROTANGSEL.COM, Jakarta – Presiden Jokowi mengatakan, Covid-19 sangat mengganggu proses pendidikan di tanah air. Imbasnya, kebijakan belajar dari rumah untuk mencegah penyebaran COVID-19 juga sudah diberlakukan. Namun, situasi ini, mewabahnya Covid-19 membawa dampak pada rencana Ujian Nasional di tahun 2020.

“Ada 8,3 juta siswa yang harusnya mengikuti Ujian Nasional dari 106 ribu satuan pendidikan di seluruh tanah air. Oleh sebab itu, harus segera diputuskan,” kata Jokowi dalam rapat terbatas melalui video confrence, Selasa (24/3/2020).

Pada kesempatan ini, Jokowi menyampaikan ada 3 opsi yang dapat dipilih. “Apakah UN ini tetap dilaksanakan yang pertama, yang kedua apakah UN ditunda waktunya, atau yang ketiga ditiadakan sama sekali,” tandasnya.

Dikatakan Jokowi, prinsip yang utama yang harus dipegang adalah kebijakan ini bisa diambil tetapi jangan sampai merugikan hak dari 8,3 juta siswa yang harusnya mengikuti Ujian Nasional yang diadakan. “Saya rasa itu sebagai pengantar yang bisa saya sampaikan. Terima kasih,” tutupnya.(sam)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here