Dikerjakan 1.600 Pekerja, Fasilitas Isolasi Pasien Corona di Pulau Galang Sudah 78 Persen

Penampakan fasilitas isolasi pasien Corona di Pulau Galang, pembangunanya sudah 78 Persen.

METROTANGSEL.COM, Batam – Batas akhir waktu  pembangunan fasilitas observasi, penampungan, dan isolasi penderita Covid-19 tinggal dua hari. Tepat tanggal 28 Maret, fasilitas yang dibangun di Pulau Galang, Kota Batam, Provinsi Kepulauan Riau  itu harus sudah selesai.

Saat ini Kementerian PUPera yang ditugasi presiden untuk membangun fasilitas itu terus mengebut. Mereka mengerahkan 1.600 pekerja untuk bahu membahu menyediakan fasilitas isolasi itu.

Menteri PUPera Basuki Hadimuldjono meninjau pengerjaan fasilitas itu pada Rabu (25/3/2020). Dia mengatakan, secara keseluruhan, progres pembangunan fasilitas itu berjalan cepat. Saat ini prosentase pembangunan telah mencapai 78 persen.

“Kami optimis selesai pada 28 Maret 2020. Material konstruksi saat ini sudah di lokasi semua,” kata Menteri PUPR Basuki Hadimuljono saat meninjau lokasi proyek. Ia didampingi Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dan Kapolri Jendral Idham Aziz.

Dia mengungkapkan lokasi yang dipilih untuk pembangunan fasilitas merupakan bekas lokasi eks pengungsi Vietnam. Jaraknya 60 kilometer dari Bandara Hang Nadim dan 56 kilometer dari Kota Batam dengan memanfaatkan lahan seluas 20 hektar dari total luas area 80 hektar. “Kami juga bangun fasilitas pendukungnya. Seperti rumah dokter, perawat, dapur umum, gudang, laundry, dan lain-lain,” kata Menteri Basuki.

Tenggat waktu dua hari ini membuat Menteri Basuki mendorong kontraktor memenuhi target waktu yang direncanakan. Meski tinggal dua hari lagi, dia mengingatkan agar para pekerja tetap memperhatikan protokol kesehatan dan keselamatan kerja terkait wabah COVID-19. Terutama dalam menjaga kebersihan dan jarak aman dalam berkomununikasi. Fasilitas itu nantinya disediakan 1000 tempat tidur.(sam)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here