Soal Wacana Larangan Mudik Lebaran 2020, Polisi Tunggu Keputusan Pemerintah

Kepala Korlantas Polri, Inspektur Jenderal Istiono

METROTANGSEL.COM, Jakarta  – Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri masih menunggu keputusan pemerintah ihwal wacana pelarangan mudik lebaran 2020. Ini lantaran penyebaran virus Corona atau Covid-19 di Indonesia semakin masif.

“Tunggu keputusan pemerintah saja. Skenario itu kami susun, apakah mudik 2020 ini himbauan atau larangan,” kata Kepala Korlantas Polri, Inspektur Jenderal Istiono, di Jakarta, Kamis (26/3/2020).

Sejauh ini, Polri masih menjalankan maklumat Kapolri untuk mengantisipasi penyebaran Covid-19. Di mana, polri saat ini masih melarang masyarakat untuk berkerumun. “Yang jelas polri telah melaksanakan maklumat kapolri tentang larangan berkerumun pencegahan virus Covid-19,” katanya singkat.

Sebelumnya, Pemerintah melalui Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi menyatakan tengah mempertimbangkan opsi mengenai pelarangan mudik Lebaran 2020 guna mencegah penyebaran virus corona.

“Kita sudah sepakat bahwa hal yang paling utama adalah menjaga keselamatan masyarakat. Dan dengan pertimbangan ini, kami juga mempertimbangkan serius opsi pelarangan mudik,” kata Staf Khusus Menko Maritim dan Investasi Bidang Kelembagaan dan Media Jodi Mahardi dalam rilis pers melalui video di Jakarta, Selasa (25/3/2020).

Sejauh ini, pemerintah telah menggelar dua kali rapat koordinasi mengenai mudik Lebaran. Rapat itu, dihadiri sejumlah kementerian/lembaga termasuk Kemenko Polhukam, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Kementerian Perhubungan, Kementerian Dalam Negeri, Kementerian Agama, Kementerian Kesehatan hingga Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat serta TNI dan Polri.

Ada tiga skenario mudik Lebaran 2020 yang disiapkan. Di antaranya, mudik seperti biasa, meniadakan program mudik gratis, serta melarang mudik. “Ketiga skenario itu akan segera dilaporkan kepada Presiden,” imbuh Jodi.

Dalam rapat yang dihelat pada Senin (23/3) oleh Menko Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, lebih dulu membahas berbagai kemungkinan terkait mudik lebaran ini. “Kita harus hitung berbagai skenario untuk memastikan keselamatan masyarakat,” ujar Luhut.(sam)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here