Kepala Tim Medis Skotlandia Mundur Karena Langgar Kebijakan Sendiri ‘Lockdown’

Kepala Tim Kesehatan Skotlandia Catherine Calderwood. Foto/Andy Buchanan/Pool via REUTERS

METROTANGSEL.COM –  Kepala Tim Kesehatan Skotlandia Catherine Calderwood mengundurkan diri pada Minggu, (5/4/2020) setelah dia melanggar kebijakannya sendiri dengan pergi ke rumah keduanya, meski ada aturan dilarang keluar rumah atau lockdown. Skotlandia sendiri mencatat 3.345 kasus virus korona dan 218 kematian sejauh ini.

Calderwood mengatakan bahwa selama diskusi dengan Menteri Pertama Skotlandia Nicola Sturgeon pada Minggu malam, mereka sepakat tindakannya berisiko mengalihkan perhatian dari pekerjaan yang sangat penting yang harus dilakukan pemerintah dan profesi medis dalam membawa negara melalui pandemi coronavirus ini.

“Dengan berat hati, saya mengundurkan diri sebagai kepala tim medis,” katanya, melansir reuters.

Polisi sebelumnya mengeluarkan peringatan kepada Calderwood tentang perilakunya dan Sturgeon, untuk mentaati aturan lockdown. Foto-foto Calderwood yang mengunjungi rumahnya di Earlsferry, di pantai timur Skotlandia sekitar satu jam perjalanan dari ibukota Edinburgh, diterbitkan di Scottish Sun.

Calderwood telah meminta maaf sebelumnya ketika dia muncul di sebelah Sturgeon pada sebuah briefing berita untuk seharusnya memperbarui informasi negara terkait respon terhadap pandemi. Namun justru pemberitaan yang ada didominasi kelakuannya.

“Saya tidak mengikuti saran yang saya berikan kepada orang lain, saya benar-benar minta maaf untuk itu,” katanya.

Dia mengatakan telah melihat komentar yang menyebut dirinya munafik dan mengatakan dia tidak bertanggung jawab. “Apa yang saya lakukan itu salah. Saya sangat menyesal, ” tambahnya.

Dia juga meminta maaf kepada rekan polisi dan National Health Service (NHS). Namun permintaan maaf itu tidak banyak menenangkan badai kritik dari para politisi oposisi dan masyarakat.

Polisi Skotlandia mengatakan petugas telah berbicara dengan Calderwood tentang tindakannya dan telah memperingatkannya tentang kelakuannya bisa berimbas buruk sebelumnya.

“Instruksi hukum untuk tidak meninggalkan rumah Anda tanpa alasan yang masuk akal berlaku untuk semua orang,” kata Kepala Polisi Livingstone dalam sebuah pernyataan.

“Individu tidak boleh membuat pengecualian pribadi yang disesuaikan dengan keadaan mereka sendiri. Sangat penting bagi setiap orang untuk mematuhi persyaratan ini,” tambahnya.

Sturgeon sebelumnya telah mengatakan bahwa kepala petugas medis tidak akan lagi mengambil bagian dalam pengarahan media coronavirus, dan bahwa dia tidak tahu Calderwood menghabiskan akhir pekan di rumah keduanya.

“Saya sangat menyadari pentingnya kepercayaan publik terhadap saran yang diberikan pemerintah untuk tinggal di rumah untuk menyelamatkan nyawa dan melindungi NHS kami,” kata Sturgeon.(sam)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here