Kementerian Kominfo Diminta Tingkatkan Layanan Internet Selama Darurat Covid-19

Wakil Ketua Komisi I DPR Teuku Riefky Harsya

METROTANGSEL.COM, Jakarta – Komisi I DPR mendorong Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) meningkatkan layanan telekomunikasi dan internet. Mengingat selama masa darurat Corona (Covid-19) seluruh aktivitas masyarakat dilakukan di rumah, mulai dari bekerja, belajar, beribadah, belanja memenuhi kebutuhan pokok dan sebagainya membutuhkan jaringan internet dan komunikasi yang stabil, terlebih lagi untuk di wilayah 3T.

“Meningkatkan secara intensif kinerja layanan telekomunikasi dan internet, sehingga kualitas layanan tetap terjaga dengan baik selama masa darurat Covid-19 di wilayah pemukiman dan secara khusus meningkatkan layanan di wilayah tertinggal, terluar, dan terdepan (3T) di seluruh Indonesia,” papar Wakil Ketua Komisi I DPR Teuku Riefky Harsya saat memimpin Rapat Kerja secara virtual dengan Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate beserta jajaran, mengutip parlementaria, kemarin.

Politisi Fraksi Partai Demokrat itu melanjutkan, Komisi I DPR RI juga meminta Kominfo untuk melakukan optimalisasi program diseminasi nonmedis terkait penanganan Covid-19 baik offline maupun online secara massif dengan tetap memperhatikan penerapan protokol kesehatan dengan baik, dan dilakukan secara berkelanjutan dan merata ke seluruh lapisan masyarakat di Indonesia.

Selain itu, masih kata Riefky, Komisi I DPR RI juga mengharapkan agar Kominfo menyampaikan informasi dari Pemerintah terkait data, program, informasi yang benar dan narasi yang positif terkait penanganan Covid-19 untuk memperkuat tingkat kepercayaan masyarakat. Komisi I DPR RI juga mendesak agar Kominfo mendeteksi berita hoaks dengan cepat, sehingga tidak menimbulkan keresahan dalam masyarakat.

Di samping itu, Komisi I DPR RI juga mendukung pemanfaatan teknologi komunikasi dan informasi (TIK) berupa aplikasi ‘PeduliLindungi’ untuk pencegahan dan penanganan pandemi Covid-19 dengan tetap menjaga perlindungan data pribadi sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku. Sehubungan hal tersebut, Komisi I DPR RI mendesak Kominfo untuk lebih meningkatkan sosialisasi pemanfaatan aplikasi ‘PeduliLindungi’ kepada Kementerian dan lembaga terkait untuk diteruskan kepada masyarakat.(sam)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here