Dapet Restu BPOM, Pendeteksi Tuberkulosis TB-Scan Buatan BATAN Siap Diedarkan

METROTANGSEL.COM, Setu – TB Scan atau kit radiofarmaka etambutol, telah mendapatkan izin edar dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

Produk ini diharapkan menjadi solusi terhadap penderita penyakit TB yang jumlahnya terus meningkat.

Kepala Badan Tenaga Nuklir Nasional (BATAN) Anhar Riza Antariksawan, mengatakan, produk radiofarmaka Pusat Teknologi Radioisootop dan Radiofarmaka BATAN ini mempunyai fungsi untuk mendeteksi infeksi penyakit tuberkulosis (TB) di paru dan di luar paru seperti tulang, sistem gastrointestinal dan sistem syaraf.

TB Scan telah melalui proses penelitian yang panjang dan melibatkan berbagai pemangku kepentingan di luar BATAN, seperti RS Hasan Sadikin, Perhimpunan Kedokteran Nuklir Indonesia, PT Kimia Farma, dan BPOM.

Kolaborasi antar pemangku kepentingan dalam melakukan penelitian dan inovasi sangat dibutuhkan agar hasil penelitian dan inovasi tersebut dapat dihilirkan kepada masyarakat.

“Pada tanggal 22 Februari 2021 kit radiofarmaka etambutol dari BATAN mendapatkan izin edar dengan nomor DKL 2112432144A1,” kata Anhar.

Menurutnya, Indonesia memiliki potensi yang besar untuk mengembangkan produk radioisotop dan radiofarmaka sehingga dapat mengurangi produk impor, bahkan dapat meningkatkan ekspor.

“Indonesia memiliki fasilitas reaktor riset yang merupakan salah satu reaktor riset daya dan fasilitas pendukung yang termasuk terbesar.

Diketahui, pada tahun 2020 Indonesia menduduki urutan ketiga dari jumlah penderita TB di dunia, kehadiran radiofarmaka etambutol TB scan ini akan sangat membantu pemerintah dalam menangani penyakit TB di Indonesia dengan menyediakan cara diagnosis yang sangat efektif.

Kepala Pusat Teknologi Radioisotop dan Radiofarmaka (PTRR) BATAN Rohadi Awaludin mendeskripsikan, kit radiofarmaka etambutol atau TB scan merupakan sediaan farmasi kering steril yang di dalamnya terkandung ethambutol hydrochloride dan beberapa zat tambahan.

“Zat tambahan ini berguna untuk membantu proses penandaan atau pengikatan radioisotop Tc-99m ke dalam senyawa etambutol. Kit radiofarmaka etambutol diklaim mampu mendiagnosis TB di dalam dan di luar paru,” ujarnya. (AMD/ASN)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here